created by j0ck3r. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hiduplah Sesuka hatimu, Sesungguhnya kamu pasti mati. Cintai siapa saja yang kamu senangi, Sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya Lakukan apa saja yang kamu kehendaki, Sesungguhnya kamu akan memperoleh balasannya

THE END OF MARKETING AS WE KNOW IT

1.    MENGAPA PERLU PEMASARAN? UNTUK MENGHASILKAN UANG
Satu-satunya tujuan pemasaran adalah untuk menarik lebih banyak orang untuk membeli produk anda,lebih banyak,lebih sering agar anda memperoleh uang banyak. Untuk mencapai itu kita harus mengiklankan dan menciptakan berbagai citra di benak konsumen dengan harapan mereka akan merasa senang.
Pertama-tama kita harus memahami apa pemasaran itu,pemasaran bukanlah pengiklanan tetapi pemasaran adalah menentukan apa yang harus dilakukan dan kemudian menggunakan alat yang tepat dengan cara terbaik untuk berhasil melakukannya.
Pemasaran merupakan aktivitas strategis dan suatu disiplin yang berfokus pada tujuan akhir untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk lebih sering membeli produk anda sehingga perusahaan anda menghasilkan lebih banyak uang.
Pekerjaan pemasaran dalah menjual banyak barang dan menghasilkan banyak uang. Pemasaran adalah untuk menarik lebih banyak orang untuk lebih sering membeli lebih banyak produk anda dengan harga yang lebih tinggi.
Pemasaran merupakan investasi,tidak ada salahnya membuat iklan yang disukai banyak orang di perusahaan. Satu satunya cara agar para pemasar bias tetap bertahan adalah dengan memastikan bahwa mereka bias menjual lebih banyak barang kepada lebih banyak orang dengan harga yang memberi keuntungan.

Pemasaran menentukan harapan dan melakukan sedemikian rupa agar apa yang anda raih dapat melebihi harapan2 itu. Tanpa pemasaran yang berorientasi pada hasil,suatu perusahaan tidak akan memperoleh konsumen baru,dan setelah beberapa waktu yang singkat pertusahaan akan kehilangan konsumen.
Pada akhirnya tujuan yang harus dicapai seorang pemasar adalah untuk memaksimalkan laba atau asset ( return on asset ) dan itu berarti menjual apa saja yang bias dihasilkan perusahaan hingga kita bias mencapai satu titik dimana pengeluaran marjinal untuk memproduksi dan menjualk produk tersebut tidak akan menghasilkanb laba yang kita inginkan.
Sebagian besar perusahaan membangun kapasitas untuk memenuhi permintaan puncak selkama waktu2 tertentu dalam setahun dan kemudian membiarkan kapasitas itu begitu saja selama sisa waktu.
Dalam pemasaran kita harus selalu mengawasi kontribusi marjinal.inbi berarti bahwa anda harus menentukan seberapa banyak yang harus anda keluarkan untuk menjual produk. Setiap rupiah dalam anggaran pemasaran harus dimasukkan ke penjualan dan uang yang semakin banyak dikucurkan harus diarahkan pada berbagai aktivitas yang benar2 menghasilkan pertumbuhan volume yang semakin meningkat dan menguntungkan.
 Salah satu penyebab kenapa para pemasar sering tidak memiliki disiplin yang mereka perlukan untuk mencapai hasil2 yang mereka inginkan adalah karena mereka tidak mendefinisikan dengan baik hasil2 apa yang menjadi tujuan mereka. Pilihan dari sasaran penjualan atau tujuan harus didasarkan pada keputusan strategis yang berhubungan dengan posisi pasar atau pada laba atas asset atau pada beberapa tujuan keseluruhan dari perusahaan dan bukan hanya pada peningkatan tahun sebelumnya.
Hal yang penting yang harus diingat adalah bahwa pemasaran dalah erat kaitannya dengan pengeluaran uang untuk aktivitas yang dapat meningkatkan produk,merek atau pelayanan  kita dan memberi konsumen banyak alasan untuk lebih membeli produk kita.
Strategi harus memiliki suatu target, penentuan pedoman, dan memberikan kerangka berpikir kepada anda. Strategi memungkinkan kita, memberikan kebebasan dan memanfaatkan kreativitas. Strategi memberikan focus agar kita terhindar dari ribuan arah yang membingungkan. Untuk tetap berada dalam persaingan, anda harus berani mengambil resiko, memikirkan konsep-konsep baru dan mencoba teknik-teknik baru. Strategi harus menjadi inti dari semua yang kita lakukan. Tanpa strategi kita hanya akan berjalan di tempat. 
Strategi adalah hal pertama yang harus dilakukan, karena strategi menentukan taktik yang anda perlukan. Memiliki strategi tidak secara otomatis menampakkan taktik-taktik, setelah kita memiliki strategi kita masih harus menghabiskan banyak waktu untuk menguji dan menguji kembali.
Jadi sekarang kita tahu mengapa kita memerlukan pemasaran. Dan kita tahu bagaimana menghasilkan uang. Tujuan utama pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan, untuk menjual sebanyak mungkin produk kepada sebanyak mungkin orang. Pemasar yang baik selalu bisa berhasil kalau kita memposisikan produk kita sehingga menarik bagi konsumen artinya kita mengkomunikasikannya dengan baik. Dan kalau kita memberi berbagai alasan untuk membelinya maka mereka akan membelinya.

Kita harus memperhitungkan hasil dengan berbagai macam data yang tersaji. Kita sekarang bertanya, apakah data itu? Yang dimaksud dengan data bukan berarti apa yang kita pikirkan.
Pemasaran menentukan suatu kesuksesan, salah satu alasan mempertanyakan kesuksesan adalah jelas untuk mengetahui apa yang berhasil dan mengapa sehingga kita dapat mengulangi kesempatan tersebut dalam kesempatan lain. Kita juga tidak bisa terus-menerus menunggu hasil. Kita harus melakukan suatu analisis agar analisis bermanfaat kita harus mempunyai mutakhir kapan analisis kapan dilakukan.
Satu hal lainnya agar para pemasar menjadi lebih mumpuni, adalah dengan melakukan presearch. Kita harus mengajukan suatu pertanyaan yang tepat, dan memiliki dialog untuk memikirkan suatu cara memasarkan produk. Apabila suatu pemasaran itu gagal, secepat mungkin harus kita lakukan revisi dan ambil keputusan. Dalam pemasaran seperti halnya ilmu pengetahuan, pemahaman tentang mengapa merupakan tahap yang penting. Karena kita akan jauh lebih mudah untuk mengetahui bagaimana untuk menghasilkan apa yang kita inginkan.

2.     BAGAIMANA MENJUAL BARANG SEBANYAK MUNGKIN DAN MENGHASILKAN UANG SEBANYAK MUNGKIN?
Positioning adalah jalan dua arah, kita tahu satu-satunya tujuan pemasaran adalah menjual lebih banyak barang kepada lebih banyak orang, lebih sering dengan harga yang lebih tinggi, dan kita tahu kita harus melakukannya secara ilmiah. Ada satu wacana bagaimana merek menciptakan identitas. Merek haruslah memberikan kekhususan dan menimbulkan citra pada produk tersebut. Semua alasan untuk menciptakan satu merek adalah untuk membuat para konsumen mengidentifikasikan sejumlah kualitas dan ciri yang menyenangkan dari produk spesifik kita.
Pemasaran penuh dengan istilah yang jelas dan nyata, karena istilah-istilah adalah kata-kata yang digunakan oleh orang-orang pemasaran setiap harinya. Tujuan pemberian mereka adalah untuk membedakan produk kita di pasar. Dan untuk membuat konsumen mengidentifikasikan bahwa produk kita berbeda, lebih baik dan lebih special.
Apa makna hal itu bagi konsumen?
Cara menarik orang untuk memilih produk kita, dan bukan produk orang lain, dan bukan memilih produk orang lain adalah dengan menjelaskan kepada mereka bahwa produk kita berbeda, lebih baik dan special.
Kita harus membuat setiap produk berbeda, dalam setiap konsumen. Sehingga mereka akan mengenalinya sebagai sesuatu yang mereka sukai, dan mereka akan selalu membelinya. Untuk melakukan hal ini kita, harus membedakan penawaran kompetitif secara relative. Kita harus mempertimbangkan pilihan-pilihan lain apa yang dimiliki oleh konsumen. Perbedaan itu penting, kesamaan tidak ada nilainya. Nama, pengharapan, perbedaan itulah MEREK.
Pemberian merek rumit, karena kita ingin menjual produk kita sebanyak mungkin kepada banyak orang. Tetapi pada saat yang sama, setiap merek harus diciptakan berdasarkan proporsi penjualan yang unik. Hal yang terburuk yang bisa kita lakukan adalah berfikir bahwa kita bisa memperkenalkan suatu merek dan meninggalkannya begitu saja.
Alasan lain mengapa kita harus mendefisinisikan dan menentukan kembali merek kita, adalah bahwa segera setelah kita muncul dengan sesuatu yang baru terutama yang berhasil setiap orang lain akan menerima. Kita harus terus menerus memberikan tantangan kepada konsep kita sendiri. Meskipun kita bangga kepada apa yang kita ciptakan. Ada suatu istilah yaitu manajemen portofolio, yakni ketika kita menciptakan pembatasan untuk setiap merek kita, dan tidak ada satu merekpun yang bisa melewati wilayah merek lainnya dalam portofolio kita.
Manajemen portofolio mengatakan bahwa kita menciptakan kategori artificial untuk setiap produk kita, dan kita tidak membiarkan setiap merek tersebut saling berbenturan. Mengapa? Untuk menghindari kanibalisasi basis konsumen kita sendiri.
Kadang ketika kita berbicara tentang pemasar, mereka membuat kesalahan besar dengan bersembunyi terhadap konsep penciptaan citra. Sehingga mereka tidak akan dituntut untuk bertanggung jawab untuk mendapatkan hasil. Mereka tidak benar-benar memahami apa yang diperlukan bagi branding dan positioning. Jadi citra yang mereka ciptakan tidak jelas, tidak relevan atau membosankan. Sekali lagi dimulai dengan strategi. Kita harus memiliki strategi bagaimana kita akan mendominasi pasar dan kemudian kita akan memastikan bahwa kita menciptakan citra yang akan membantu kita melakukannya.
5 elemen pencitraan yang paling penting adalah pencitraan merek dagang, pencitraan produk, pencitraan asosiatif, pencitraan pemakai, dan pencitraan pemakaian.
Pencitraan Produk adalah karakteristik actual produk. Pencitraan asosiatif  merupakan usaha untuk mendapatkan landasan bersama dengan konsumen. Pencitraan pemakai adalah macam orang apa yang suka, akan dan menggunakan produk kita.
Jadi apa perbedaan antara citra dan posisi. Citra merek adalah kesan keseluruhan yang dimiliki oleh banyak orang tentang merek itu. Posisi adalah sesuatu yang diinginkan oleh para pemasar agar orang memikirkan dan merasakan. Jangan pernah memerangi sistem kekebalan merek. Ada beberapa elemen dimana sistem kekebalan tidak akan membuat anda bisa memperkenalkan diri, tidak masalah betapa brilian dan rajin bekerja.
Pengiklanan adalah satu hal kecil dari unsur pembentuk merek dan memberinya posisi dan citra. Apapun yang dilakukan oleh perusahaan mulai dari promosi dan design kemasan mempengaruhi merek. Setiap merek harus memiliki strategi, positioning, dan segalanya yang kita lakukan dan berhubungan dengan merek itu harus mengkomunikasikannya.
Untuk meraih sukses pemesanan harus terfokus kepada konsumen, setiap orang tahu hal itu. Tetapi apa yang tidak diketahui oleh setiap orang adalah bahwa kita tidaklah cukup hanya terobsesi terhadap konsumen tanpa berbuat apa-apa. Pemikiran bahwa kita harus mempelajari perilaku konsumen, bukan hal baru atau revolusioner. Pemasar selama ini selalu memperhatikan konsumen dan mengajukan pertanyaan. Tetapi apa yang tidak dilakukan oleh kebanyakan pemasar adalah melihat konsumen dengan cukup dekat dan kemudian memikirkan mengenai implikasi-implikasi dari apa saja yang telah mereka observasi.
Kita harus memperhatikan dunia, bukan hanya pasar kita saja. Ketika kita menjual produk-produk pasar massa (mass market product) kita tidak bisa mewawancarai semua konsumen potensial kita.
Bila kita tidak memberitahu konsumen, bagaimana memilih mereka tidak akan memilih atau mereka akan memilih berdasarkan satu hal yang mereka ketahui yaitu harga. Apabila harga merupakan elemen utama dalam pilihan yang dilakukan oleh konsumen. Profitabilitas dan kesehatan bisnis kita akan merosot dengan cepat. Kalau kita tidak menyibukkan diri dengan konsumen dan melakukan pemasaran persuasif apa yang akan kita peroleh adalah komunisme konsumen, yang berarti orang-orang hanya akan membeli apapun yang dibeli orang.
Hal mendasar yang harus kita ingat dengan baik adalah bahwa ketika lingkungan mulai berubah, konsumenpun mulai berubah. Kebanyakan para pemasar di seluruh dunia tidak menjadikan pergerakan politik atau perubahan sosial sebagai faktor penting dalam rencana mereka. Kecenderungan dan event suatu pasar juga bisa memberikan pemikiran yang sangat penting bagi orang-orang dalam pasar yang tampaknya tidak berkaitan. Merek baru atau positioning baru sebuah merek mengubah struktur molekul strategi tetapi juga merubah struktur molekul kategorinya. Satu hal yang bisa kita pelajari adalah bahwa para konsumen jelas-jelas merasa senang dengan suatu produk, sama sekali tidak sulit untuk mengubah dialog dan membuatnya menjadi tidak senang.
Ada satu hal lagi cara penting untuk memfokuskan diri pada konsumen. Cara itu adalah menciptakan hubungan dengan mereka. Ada satu pernyataan dalam dunia ini yaitu orang-orang termudah di dunia untuk menjadi sasaran pemasaran kita dan konsumen terbaik yang membeli paling banyak barang dengan harga tertinggi adalah orang-orang yang telah menggunakan produk atau jasa kita dan merasakan senang dengan produk atau jasa kita. Ada satu lagi, mungkin lebih penting alasan untuk menciptakan hubungan dengan konsumen itu karena bila kita memiliki hubungan dengan konsumen mereka akan lebih terikat pada kita ketika produk kita tersaingi oleh merek lain. Mungkin kita harus megneluarkan sedikit biaya, tambahan untuk membangun hubungan dan berteman dengan konsumen. Tetapi kalau kita memperhatikan kedua hal itu, semuanya akan memberikan hasil yang sangat besar.
Satu hal yang membuat orang heran adalah pemikiran diantara pemasar, bahwa meminta orang untuk membeli produk kita tidak pantas dan tidak perlu dilakukan. Tetapi hal itu sepertinya penting untuk dilakukan karena pemasaran harusnya menciptakan citra, satu aura yang memiliki daya tarik terhadap banyak konsumen.
Ketika kita memikirkan kesadaran, kesadaran iklan, dan kesadaran merek, merupakan hal yang mudah diciptakan tetapi yang kesulitan bahwa kita bisa membuat iklan yang menarik tetapi tidak berarti bahwa kita akan berhasil menjual. Ada 3 tingkat minat yang bisa ditunjukkan oleh konsumen terhadap produk kita, yang pertama adalah kesadaran merek, mereka tahu siapa kita. Kedua, sesuatu yang biasa disebut dengan keinginan beli, tingkat minat ketiga adalah, pangsa pembelian masa depan. Banyak pemasar tradisional dan sebagian besar agen akan mengatakan mereka tidak akan membuat kesalahan. Tetapi kita jangan lupa bahwa satu-satunya alasan memiliki bagian pemasaran adalah menjual lebih banyak barang. Jadi kalau para pemasar tidak berhasil meningkatkan konsumsi mereka berarti tidak melakukan pekerjaan mereka. Untuk itu kita, harus menentukan dimensi yang berarti memberikan lebih banyak alasan kepada orang lain, untuk memberi di luar proposisi penjualan yang jelas atau yang orisinal, yakni kita menambahkan berbagai dimensi ke dalam citra produk itu, ke dalam benak konsumen.
Semua itu juga belumlah cukup, kita harus menentukan segmen pasar untuk menentukan pemasaran, salah satu cara menentukan segmen pasar adalah dengan melihat pola konsumsi dan kemudian melihat citra atau dimensi merek diantara kelompok yang berbeda. Satu cara lain untuk menentukan segmen pasar adalah dengan melakukan apa yang dilakukan oleh para politisi dan melihat loyalitas dan seberapa besar rasa senang atau tidak senang seorang konsumen terhadap produk kita. Pada umumnya konstituen politik terbagi menjadi kategori berikut: sangat mendukung, sedikit mendukung, netral, oposisi lemah, oposisi kuat. Tidak ada satu strategi atau sekelompok strategipun yang akan berhasil pada setiap orang dalam kategori tertentu yang berbeda.
Redefinisi dan penyegaran kembali produk anda yang terus menerus merupakan pekerjaan yang sangat berat tetapi hal itu perlu dilakukan agar konsumen tidak bosan dan jenuh dengan produk yang sama. Bila hal ini tidak kita lakukan suatu saat merek kita akan mengalami erosi dan volume kita pun akan menyusut. Salah satu cara untuk tetap terfokus dalam menenmukan berbagai cara untuk membuat barang adalah dengan membuat tingkat konversi salah satu pengukuran kunci yang bisa kita gunakan. Ada banyak cara meningkatkan tingkat konversi kalau produk anda terjual di toko, jelas salah satunya adalah karena promosi langsung di toko atau pasar swalayan. Hal lainnya adalah memudahkan konsumen untuk membeli, artinya kita harus memiliki tenaga yang cukup banyak dan terlatih untuk memudahkan konsumen membeli produk kita, dan akhirnya ada cara yang jelas untuk menjual barang, salah satu cara terbaik untuk membuat orang membeli produk kita adalah dengan meminta mereka membelinya. Sesungguhnya ini merupakan satu teknik pemasaran yang akan ditolak oleh sebagian besar pemasar gaya lama atau highbrow artsy karena mereka tidak mengakui pekerjaan mereka menjual produk. Tapi suka atau tidak suka, yang terpenting adalah penjualan.

MEMANCINGLAH DIMANA IKAN ADA

Apa maksud ungkapan itu? Kta harus pintar-pintar membaca data pasar untuk mengetahui dimana pangsa pasar yang terbesar. Hal yang selalu kita ingat adalah ekspansi, apakah itu ke dalam pasar baru atau produk baru, tidak boleh dilakukan hanya karena pasar ada di sana atau anda bisa membuat produ. Hal terpenting yang harus kita pertimbangkan apabila kita berpikir memasuki pasar baru adalah apakah ada keinginan atau kebutuhan di pihak konsumen untuk membuat produk kita. Selama bertahun-tahun memasuki pasar memallui ekspansi distribusi menjadi tumpuan yang jelas dan mudah bagi banyak perusahaan yang ingin berkembang, tetapi kalau tujuan kita adalah untuk memaksimalkan lama atas modal (ROI = return on invesment) kita seringkali hal ini bukan merupakan cara terbaik untuk melakukannya, apa yang harus kita lakukan adalah pertama-tama berkonsentrasi kepada pasar yang memiliki potensi terbesar. – biasanya adalah pasar yang sudah kita masuki, - dan memastikan bahwa kita memaksimalkan semua pasar itu, kemudian kita harus berfikir untuk memasuki pasar lain. Kita tidak boleh lupa untuk bisa menjual produk, kita memerlukan konsumen yang bersedia mengeluarkan uang. Inilah maksud ungkapan diatas.
Tingkat sukses kita dengan publik yang sudah menjadi pelanggan sering (frequent customer) atau pelanggan tidak sering (infrequent customer) kadang jauh lebih besar daripada mereka yang sebenarnya tidak tertarik pada produk kita, atau belum pernah mempertimbangkan untuk membelinya.
Kadang pun pasar mengalami keadaan kacau atau lesu, ketika pasar sedang mengalami kekacauan, sangat penting untuk memiliki laporan keuntungan dan kerugian yang baik dan jelas itu karena kita akan memutuskan dalam batas tertentu apakah pasar itu bermasalah sementara atau apakah akan merosot untuk jangka panjang, dan kita harus keluar dari situ.
Ketika pasar atau ekonomi kacau, pertama kali yang harus kita lakukan adalah menahan godaan untuk mengurangi pengeluaran agar kita tidak kehilangan konsumen kita, tidak hanya perlu tetap mengeluarkan uang, selama saat-saat kekacauan melainkan kita harus bisa menyadari bahwa saat-saat kekacauan adalah peluang pertumbuhan yang saat besar. Ini merupakan strategi menakutkan, dan kita harus memotong berbagai pengeluaran untuk sementara, tetapi dengan memiliki laporan keuntungan dan kerugian yang baik kita akan selalu mengetahui dengan persis dimana posisi kita, dan apa yang berhasil dan tidak.
Produk baru, harus melakukan sesuatu yang baru, ketika produk baru berhadapan dengan produk lama, itu akan sama dengan pasar baru berhadapan dengan pasar lama. Pemasaran produk baru, demi pemasaran produk baru itu sendiri, merupakan pemasaran yang malas. Kita hanya perlu memperkenalkan produk baru, kalau produk baru itu memperluas entry kita dalam kategori jangka panjang. Produk baru harus bisa melakukan pertumbuhan yang tidak bisa dilakukan oleh produk lama.
Kita harus khawatir bagaimana melindungi merek kita yang suda ada sekarang, kalau kita berpikir merek itu dapat menjadi korban kanibalisasi kalau merek lama kita tidak cukup kuat berada dalam persaingan baru. Perusahaan yang bersaing dengan perusahaan kita akan mengetahui hal itu dalam waktu singkat. Ada satu strategi yang biasa dikembangkan dalam pemasaran biasa disebut dengan TACOS singkatan dari (trademark + area + consumer offering = Succes) ( merek dagang + area + penawaran konsumen = sukses). Artnya adalah merek dagang kita dibandingkan dengan ukuran merek dagang pesaing kita plus ukuran area bisnis dimana kita bersaing, plus ukuran penawaran konsumen atau proporsi penjualan yang unik akan menjadi sukses kita.
Dalam bisnis, pertumbuhan adalah tujuan dan itu merupakan keharusan ketika kita mencoba untuk menghasilkan banyak uang, dan kita mencoba untuk berkembang. Pemasaran tidak bisa dipisahkan dengan ekonomi, politik atau sesuatu yang lain yang terjadi di dunia ini pemasaran adalah bisnis dan itu berarti kita harus mempertimbangkan apakah kita bisa membuat menjual produk dan apakah konsumen bisa membeli produk itu.

Jangan Pernah Berhenti Memikirkan Hari Esok
Kita harus selalu berfikir dan merencanakan masa depan karena kalo tidak ketika masa depan itu tiba kita tidak akan siap dan masa depan itu akan menelan kita, yang tersirat dalam persiapan masa depan adalah pemikiran bahwa berbagai hal akan berubah dan karena perubahan itu menakutkan, banyak orang lebih suka untuk tidak memikirkannya. Bila kita tidak melakukan suatu perubahan, kita hanya akan berjalan di tempat. Tetapi kalau kita melakukannya kita harus ingat bahwa setiap kali kita melakukan perubahan kita menciptakan kondisi yang akan menuntut kita berubah lagi.
Setiap rencana yang berbeda membutuhkan sumber daya yang berbeda, kita perlu mengembangkan seperangkat keterampilan yang sama sekali baru, atau kita perlu merekrut orang-orang yang memiliki keterampilan baru, dibandingkan dengan orang yang kita rekrut sebelumnya. Satu-satunya cara untuk bisa meraih masa depan adalah dengan cara fundamental dengan memberikan tantangan kepada diri kita sendiri. Kita harus selalu memberikan tantangan terhadap konsep kita sendiri, merek kita sendiri, gagasan kita sendiri. Untuk berada di depan setiap orang, kita harus mempercepat suatu momentum dengan cara mendorongnya. Kita selalu membutuhkan arus atau aliran gagasan dan alasan pemasaran yang kaut dan tetap mengapa konsumen harus tetap membeli produk atau jasa kita.
Elemen penting dalam pembaharuan dan pembaharuan kembali adalah kreativitas. Kreativitas merupakan salah satu kata magis dan mistis yang banyak diucapkan oleh orang pemasaran ketika mereka  ingin menghindari tanggung jawab dalam memperoleh hasil. Tetapi yang benar adalah bahwa kreativitas seperti halnya apapun lainnya dalam pemasaran bukan merupakan kekuatan alam yang tidak bisa diprediksi. Hal pertama yang harus kita pahami adalah bahwa kreativitas menurut definisi bersifat destruktif. Orang memiliki focus pada bagian kreativitas yang konstruktif kenyataannya adalah bahwa seseorang mengkonstruksi konsep baru atau widget.
Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa tujuan itdak lebih dari sekedar titik awal baru, kenyataannya adalah setiap kali kita berusaha meraih tujuan kita harus berfikir tentang tujuan berikutnya. Kadang kreatifitas membuat anda melakukan hal baru, seperti misalnya memiliki posisi baru untuk produk kita. Tetapi kreatifitas bukan hanya untuk penemuan berbagai hal baru untuk dilakukan, kreatifitas juga berfungsi untuk menemukan cara-cara untuk lebih baik untuk melakukan berbagai hal yang sudah kita lakukan. Ingatlah selalu kalau kita melakukan perubahan sebelum kita perlu melakukannya, saat pesaing kita mengejar anda, anda sudah akan berada di tempat lain.

3.     DENGAN PASUKAN SIAPA?

Untuk menjadi pemasar yang sukses kita harus:
1)                menentukan tujuan, sehingga kita tahu kemana kita akan menuju.
2)                Menyusun berbagai macam strategi tentang bagaimana kita akan mencapai tujuan yang telah kita tentukan.
3)                Memperhitungkan dimana kita ingin memposisikan produk kita di benak konsumen
4)                Menciptakan merek dan citra
5)                Memahami konsumen
6)                Selalu menjual produk kita dengan memberikan semakin banyak alasan kepada konsumen.
7)                Memperbaharui berbagai macam merek
8)                Memasuki pasar baru
9)                Berkembang dalam pasar yang sudah ada
10)           Berfikir secara kreatif tentang kemasan, promosi, distribusi dan iklan.
11)           Selalu menguji dan menghitung segala sesuatu yang telah kita lakukan
12)           Terus menerus menyegarkan merek dan strategi kita
Masa depan pemasaran terletak dalam penetapannya sebagai suatu disiplin profesional yang didasarkan kepada prinsip bisnis yang baik dan memberikan hasil bisnis yang baik. Ada dua alasan penting untuk hal ini, pertama ketika kita menggunakan prinsip bisnis yang kokoh dalam pendekatan kita, terhadap pemasaran yang kita hasilkan akan menjadi jauh lebih efektif. Kedua, pemasar baru bisa mendapatkan jenis sumber-sumber yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan kita secara efektif. Asalkan pemasaran sebagai investasi bisnis yang kokoh memberikan hasil yang jelas dan bisa diperhitungkan sudah diterapkan dengan jelas.
Pemasaran bukan semata-mata aktivitas opsinoal yang tidak penting, melainkan disiplin strategis kunci yang harus didekati secara sistematis dan profesional dalam melakukan hal itu kita harus jauh lebih disiplin dalam merekrut dan mengembangkan staf pemasaran profesional. Persoalan memperoleh sumber daya yang tepat benar-benar menjadi sangat penting bila menyangkut perekrutan staf, untuk bisa memenangkan peperangan anggaran perekrutan seorang pemasar harus mampu melakukan 2 hal yang pertama kita harus menyadari dan menyakinkan bos kita bahwa pemasaran adalah profesi. Hal yang kedua, kita harus menunjukkan bahwa pemasaran berjalan baik dan uang yang dianggarkan untuk departemen pemasaran kita merupakan investasi yang menguntungkan.
Selagi kita mengembangkan departemen dengan merekrut orang cerdas, di luar perusahaan kita harus benar-benar waspada bagaimana berkomunikasi dengan dan mengurus orang-orang yang ada di dalam perusahaan.
Kitapun harus memberikan penghargaan untuk prestasi tinggi, sistem kompensasi harus sepadan dengan kinerja. Kita harus semakin tegas untuk memberi hukuman atau sangsi atas prestasi sedang-sedang saja, dan memberikan penghargaan untuk prestasi tinggi. Salah satu keuntungan utama dari hal ini adalah kebijakan ini membantu kita untuk menciptakan organisasi yang didorong oleh kinerja bukannya organisasi yang didorong oleh kepemilikan.
Kita harus berkomunikasi dengan jelas dan tepat masa depan setiap organisasi benar-benar akan didasarkan pada komunikasi yang tepat, pada pemahaman yang jelas mengenai apa saja aturan mainnya. Kita pun harus mendengarkan apa kata para ahli dengan kita mendengarkan apa kata mereka, kita bisa meningkatkan pengembangkan teknik atau manufaktur produk.
Pemasaran yang cerdik adalah bisnis yang cerdik. Periklanan dan pemasaran adalah dan seharusnya tentang menjual produk memiliki strategi memperhitungkan haisl dan menginvestasikan uang kita untuk memperoleh keuntungan terbesar. Periklanan yang efektif memang memerlukan kreativitas dan nilai produksi yang baik. Iklan harus berhubungan dengan konsumen dan mengkomunikasikan suatu produk kepada mereka. Iklan bukanlah tentang citra dan berharap penjualan yang nomer dua atau tidak penting. Periklanan haruslah tentang bagaimana kita mengembangkan strategi yang kuat, yang muncul dari esensi produk itu dan selanjutnya melaksanakan strategi itu dan mencoba untuk mengkomunikasikannya dengan agresif.
Sayangnya oleh banyak eksekutif perusahaan, iklan masih dianggap sebagai pengeluaran dan selama iklan masih dipandang sebagai pengeluaran banyak perusahaan akan mengurangi anggarannya bahkan tanpa melihat iklan itu berhasil atau tidak.

PEMASARAN TRADISIONAL TIDAK SEKARAT TETAPI SUDAH MATI
Pemasaran gaya lama telah mati, mungkin para penganutnya tetap  menyakini kehebatannya, mungkin mereka yang paling bergantung pada pemasaran gaya lama telah menyedot anggaran pemasaran yang sangat besar jadi mereka kadang-kadang sangat menikmati dan menyukainya tetapi tidak ada lagi nyanyian dan tarian.
Lihatlah di sekitar kita, taktik coba dan benar (tried and true) dari pemasaran lama tidak berjalan seperti dulu ada banyak bukti mengenai hal itu:
1)    periklanan massa telah kehilangan untuk menggerakkan massa.
2)    Ketika promosi berakhir, para konsumen pindah ke orang lain yang bersedia memberikan hadiah membeli produknya.

PRINSIP PEMASARAN BARU
v  Satu-satunya tujuan pemasaran adalah menjual semakin banyak produk kepada semakin banyak orang. Semakin sering dan dengan harga yang semakin tinggi.
v  Pemasaran adalah bisnis yang serius
v  Pemasaran bukanlah sulap dan para pemasar sendiri merasa tidak suka ketika mereka berpura-pura bahwa pemasaran adalah sulap.
v  Pemasaran adalah disiplin professional
v  Pasar dewasa ini pasar demokrasi konsumen. Konsumen  memiliki banyak pilihan sehingga para pemasar harus memberitahu bagaimana mereka memilih.
v  Rencanakan tujuan kita realisasikan dimana kita akan berada
v  Kembangkan strategi untuk mencapainya
v  Strategi adalah bos
v  Pemasaran adalah sains. Pemasaran adalah eksperimen, perhitungan, analisis, penyempurnaan dan replikasi. 
v  Ketahuilah apa yang menarik dan apa maksud kita
v  Perhitungkan setiap merek dan wilayah pemasaran
v  Ajukan berbagai pertanyaan
v  Kesamaan tidak bisa dijual
v  Buatlah merek kita dengan menggunakan semua elemen citra
v  Gunakan sarana dan informasi yang tepat
v  Kita harus selalu memberikan banyak alasan kepada konsumen untuk membeli
v  Pasarkan secara lokal
v  Pikirkan S.O.B (Source of Business = Sumber Bisnis)
v  Jangan silau oleh permintaan yang tampak
v  Pastikan setiap orang dalam organisasi anda memahami strategi, arah, dan tujuan bisnis. 
v  Rekrutlah pemasaran terbaik yang ada dan ciptakan pekerjaan untuk mereka.
v  Berikan penghargaan untuk prestasi terbaik dan berikan hukuman untuk prestasi sedang-sedang saja.



Author: Danang (Admin Web)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar